Selasa, 02 April 2013

MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI ANAK

Artikel :

Seorang anak akan tumbuh dewasa dan harus mampu mengembangkan rasa percaya dirinya untuk dijadikan individu yang lengkap dan utuh agar mereka tidak takut lagi untuk mengeluarkan aspirasi mereka dalam kehidupan. Percaya diri juga akan memberikan keberanian pada mereka untuk mengatasi rasa takut dalam kegiatan sehari-hari mereka dan akan terus mencoba hal-hal yang baru.

Tips Untuk Membangun Kepercayaan diri pada anak :

  • Bantulah mereka untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya dengan cara membantu mencarikan solusi untuk setiap masalah yang sedang dihadapinya.

    1. Orang tua akan dijadikan panutan bagi anak-anaknya, anak akan meniru prilaku orangtuanya dari cara berbicara, berjalan, berprilaku, berpakaian dan lain sebagainya. Salah satu contoh ketika kedua orang tuanya sedang ada masalah (bertengkar) sebisa mungkin jangan di depan anak sehingga mereka tidak akan menirunya.
    2. Bicara tentang hal-hal yang membuat mereka spesial misalnya tentang perlombaan yang baru saja diikutinya, sehingga mereka merasa di perhatikan.
    3. Libatkan mereka dalam kegiatan olah raga terutama olahraga yang mengharuskan kekompakan dalam setiap permainannya (Olah Raga Tim), hal ini tidak hanya baik untuk membangun kekuatan mereka secara fisik tetapi juga mampu menambah kekuatan batin serta harga diri mereka sehingga timbul rasa percaya diri pada mereka, selain itu dapat membantu mempererat persahabatn mereka dalam sebuah tim dan meningkatkan rasa sportivitas, ini juga merupakan cara untuk membuat mereka belajar bagaimana menerima kekalahan dan berusaha untuk berbuat yang lebih baik lagi.
    4. Selanjutnya bantu mereka untuk bertemu dengan teman baru, baik itu dilingkungan sekolah atau dilingkungan sekitar rumah hal ini dapat membantu anak untuk mengembangkan rasa percaya diri yang dibutuhkan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi.
    Membangun kepercayaan diri anak sangat penting untuk mengembangkan prilaku positif dari sekarang dan masa depannya untuk mencapai potensi mereka yang sebenarnya. Keyakinan adalah bekal yang utama untuk memenuhi keterampilan sosialnya dan keyakinan bias juga untuk meningkatkan kemampuan dalam mengatasi kekecewaan untuk sebuah tujuan yang ingin dicapainya. Peran orangtua adalah mengingatkan anak untuk selalu percaya diri dalam menjalani kehidupannya demi sebuah cita-cita yang ingin di capai.

    Sumber : Klik di sini

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Windows Live Messenger + Facebook