Selasa, 02 April 2013

MENGAJARKAN BALITA BICARA


ARTIKEL :

 
Belajar bicara sejak dini akan lebih mudah diserap oleh si kecil jika diberikan stimulasi balita yang tepat, dilakukan secara teratur dan terus menerus.

Berikut Beberapa Tips Untuk Mengajarkan Balita Bicara:

  1. Ajarkan balita bicara dengan bahasa yang baik dan benar – hindari bahasa bayi meskipun terdengar lucu dan menggemaskan karena bila kita ikut menggunakan bahasa bayi maka dalam otak si kecil merekam bahasa yg benar adalah bahasa bayi tersebut. Misalnya menyebut “susu” dengan “cucu” atau “makan” dengan “mamam”, koreksi kata-kata si kecil meskipun dia belum bisa mengucapkannya agar dikemudian hari dia bisa berbahasa yang benar.
  2. Jadilah pendengar yang baik – biarkan si kecil menyelesaikan setiap kalimatnya, jangan memotong pembicaraannya karena butuh waktu untuk mengucapkannya, belajar untuk sabar dalam mendengarkan. Mintalah si kecil mengulang bila anda tidak mengerti apa maksudnya. Si kecil akan lebih banyak berbicara bila dia merasa di dengar.
  3. Ajak si kecil mengobrol – berikan si kecil pilihan atau ajak bicara tentang hal-hal disekelilingnya jadi dia tidak merasa kalau kita sedang mengajarinya berbicara. Misalnya “Gilbert mau makan?Mau?” atau “Gilbert mandi sekarang ya” atau bisa juga dengan “Lihat di sana bebeknya sedang berenang” (sambil menunjuk bebek)
  4. Bermain mimik wajah – perlihatkan berbagai ekspresi lucu sambil membuat huruf vocal. Misalnya anda katakan “aaa” sambil membuka mulut lebar – lebar, ucapkan “oooo” sambil memasang ekspresi terkejut, dan seterusnya. Dijamin si kecil akan tertawa terbahak – bahak sambil meniru cara anda mengucapkan huruf vocal dengan jelas
  5. Ajarkan lagu yang gembira -  ajarkan lagu anak-anak dengan syair yang pendek dan sederhana seperti “topi saya bundar” atau “cicak-cicak di dinding” karena usia balita sangat menyukai musik. Ajarkan berulang-ulang sampai anak sudah bisa mengikuti anda bernyanyi,meskipun baru bisa mengikuti ekor lagu jangan menyerah ya moms,lama kelamaan pasti anak akan bisa menyanyikan satu bagian utuh lagu tersebut.
  6. Bacakan buku cerita – bacakan buku cerita bergambar hingga anak bisa melihat gambar sambil mendengarkan cerita anda. Sambil memperkaya kosakata anak bisa belajar hal yang lain dari buku tersebut,misalnya warna,bentuk,nama binatang dan seterusnya
  7. Berikan pertanyaan untuk melihat responnya – saat berbicara dengan si kecil, cobalah Anda mengajukan pertanyaan padanya. Misalnya saja, “Gilbert mau makan apa? Jeruk atau apel?” Usahakan agar dia menjawabnya dengan menyebutkan makanan yang Anda tawarkan kepadanya. Hal itu akan membuat kosakatanya bertambah.
Orang tua sangat berperan dalam perkembangan bicara anak maka dari itu luangkan waktu untuk mengajari anak belajar bicara.

Sumber : Klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Windows Live Messenger + Facebook